Yang Perlu Diperhatikan Terkait Velval PD (verifikasi dan validasi peserta didik) di tingkat RA dan Madrasah

Assalamualaikum wr. wb.

Bapak ibu Operator Madrasah dan RA yang kami hormati..
Kami Infokan kepada semua Lembaga agar membuka akun vervalPD masing2 Lembaga untuk :
http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/

1. Validasi data Peserta didik dalam web vervalPD untuk NISN setiap siswa di madrasah dengan cara Pilih Menu peserta didik. Dan untuk Perubahan data menggunakan menu Edit Identitas.
Dengan Ketentuan :
A. Untuk perubahan NIK saja = Lampirkan Scan KK ASLI dan JELAS (Boleh FC Legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil)
B. Untuk Perubahan Nama Siswa, TTL, Nama Ibu, dan jenis kelamin = Lampirkan Scan AKTE ASLI dan JELAS (Boleh FC Legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil)
C. Untuk perubahan NIK dan yg lain harus melampirkan KK Asli dan JELAS + AKTE Asli dan JELAS. Scan keduanya di gabung menjadi satu. (Boleh FC Legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil)

2. Cek Siswa yang sudah keluar dan di catat. 
- Jika siswa tersebut DO atau mengundurkan diri ,Meninggal atau tidak sekolah lagi maka gunakan menu siswa keluar dengan memilih daftar siswa kemudian Keluarkan siswa (HANYA BAGI YANG DO atau Meninggal atau Tidak sekolah lagi) 

3. Jangan menggunakan menu Siswa Keluar untuk yang pindah ke Madrasah maupun ke Sekolah. Karena akan menjadikan NISN siswa yang di keluarkan menjadi NONAKTIF.

4. Untuk Jenjang RA bagi yang belum mempunyai Akun SDM untuk VervalPD Silahkan mendaftar di Laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru Dengan melampirkan surat tugas sebagai operator dan menggunakan Email Lembaga bukan Email Pribadi.
Di karenakan menurut rencana dari EMIS pusat mulai semester ini NISN akan di terbitkan dari jenjang RA.

5. Bagi jenjang RA yang sudah punya akun akan tetapi Lupa Password nya dan Email masih aktif dan bisa di gunakan silahkan memakai menu lupa password di laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/lupaPassword

6. Bagi Jenjang RA yang sudah aktif Akun SDM nya silahkan masuk dan login ke laman http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ untuk cek siswa nya pada menu Peserta didik. Jika ada data yang tidak pas atau tidak sesuai maka lakukan seperti pada No. 1 , 2 dan 3

NB : 
1. Harap berhati-hati saat melakukan edit identitas dan mengeluarkan siswa karena NISN sangat Krusial bagi peserta didik di lembaga Pendidikan.
2. Harap di mulai dari siswa yang di kelas paling akhir terlebih dahulu.
3. Untuk jenjang RA yang masih belum paham bisa meminta bantuan ke operator jenjang atasnya.

Wassalamualaikum wr. wb.

0 Komentar